Sunday, 28 July 2019

MANFAAT PINDAH PERUSAHAAN Bagian IV

KEUNTUNGAN YANG DIDAPATKAN BILA PINDAH PERUSAHAAN.>>>> PADA INDUSTRI KARUNG PLASTIK

Sebagaimana yang telah saya bahas diartikel saya dari bagian I bagian II ,dan bagian III di mana saya sudah bekerja di perusahaan yang memproduski Polyester sehingga saya benar-benar telah menguasai Pembuatan Polyester dari bahan baku mulai dari reaksi dasar secara kimia, sampai pembuatan benang synthetics  Polyester, selama 24 tahun, maka untuk itu saya beralih mencari pengalaman baru karena haus ilmu dan akhirnya masuk di sebuah perusahaan karung platik ( PP Woven )yang berada di Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah yaitu PT.Sami Surya Indah Plastik.
Perusahaan SSI ini memproduksi karung plastik untuk keperluan , Gula, pupuk, beras, pakan ternak dan lain-lainya.
Awalnya saya mengenal perusahaan ini dimintai tolong oleh teman yang bekerja diPT.SSI ini untuk memberi training aplikasi Instrument Labaoratorium  untuk menguji Melt Index pada biji Plastik.
Dari training tersebut maka saya bisa berkenalan langsung dengan Owner dari perusahaan tersbut, dan dilain hari membutuhkan kepal QC, maka saya dipanggil untuk bergabung.
Setelah bergabung di tempatkan sebagai kepala QC, kemudian diminta untuk memegang Produksi, dikarenakan hasil produksi saat itu sangat rendah dengan kualitas juga tidak bagus bahkan mendapat banyak Komplain, dan saya sangupi untuk memegang jabatan baru sebagai kepala QC merangkap kepala Produksi, walaupun pada umumnya antara orang Produksi dengan QC itu sering terjadi perselisihan, namaun saya justru mensinkronkan antara QC dengan Produksi untuk saling mendukung.
Sebenarnya produksi PP Wven ( karung Plastik ) teknologinya tidaklah serumit membuat benang Synthetics, karena konsep dasarnya adalah hanya biji plastik Polypropelyne di lelehkan pada Extruder dengan tingkatan suhu tertentu, kemudian lelehan polymer tersebut dilewatkan pada Die head dengan ketebalan tertentu sesuai perhitungan Denier yang diinginkan, berbentuk lembaran leleh polymer, dilewatkan pada air pendingin, sehingga membeku dan terbentuk lemabra, dari lembaran itu kemudian dilewatkan pada pisau pembelah untuk membentuk filamen dengan lebar tertentu sesaui yang diinginkan, disisn mengatur jarak antar piasu, dan filamen-filamen yang terbentuk di gulung pada mesin Winder, yang menggunakan Con ( penggulung ) berbahan Logam ( metal ).
Dari hasil penggulangan tersebut kemudia di pasang mesin perajut yang di namakan Loom, untuk proses penganyaman,adapun jumlah anyaman berdasarkan jumlah anyaman yang diinginkan Cstomer, misalnya 11x 11 maksudanya dalam 1 inchi lemabaran PP Woven terdapat 11 helai filamen pakan dan 11 helai filamen untuk Lusi.
Pada dasarnya proses ini adalah hanya mempermainkan suhu leleh Polymer dan proses perjutan namun ada juga formulasi pencampuran additve misalnya ingin membuat karung jadai DOP bisa ditambahkan Calsium ( kalau di Polyester di tambahkan Titanium dioxide ), pentinganya formula yang tepat dalam penambahan Calsium karena akan sangat berpengaruh terhadap kualitas filamen.
Pada perusahaan ini juga memproduksi Plastik Inner yang biasa untuk melapisi karung plastik tempat Pupuk.
Setelah saya memegang kepala Produksi pada perusahaan ini, saya mengapresiasi diri saya sendiri karena mampu menekan Defect menjadi 0.5 % DPMO daripada sebelum saya pegang adalah 5 %, dan meningkatkan Jumlah Produksi karung per hari menjadi 4x lipat daripada sebelum saya pegang, tentu saja ini berkat semua karyawan yang mau saya ajak kerjasama dan bisa memahami permasalahan yang ada dan mengikuti arahan saya.
 Untuk detial Proses pembuatan PP Woven akan saya buatkan tersendiri.

LOWONGANN DI PT.YUMMY FOOD

 MENERUSKAN INFORMASI LOWOWNGAN KERJA:  1. PT. YUMMY FOOD UTAMA - JAKARTA Urgently need position: "PRODUCTION SUPERVISOR" Qualific...