Wednesday, 10 March 2021

HASIL LIGA CHAMPION 2021 LEG 2 : BARCELONA HARUS TERHEMPAS DAN GAGAL LOLOS 8 BESAR UNTUK PERTAMA KALINYA

 

Baru pertama kalinya Barcelona gagal melaju ke 8 besar liga Champion, setelah tadi malam hanya bermain imbang 1-1 saat bertandang ke PSG.

Leonel Messi dkk harus pulang dengan tangan hampa, karena kalah agregat 2-5 lawan Paris Saint Germain dan melengkapi kegagalan Sevilla yang ditudukan Dortmund, sehingga wakil dari Spanyol tinggal menyisakan 1 klub yaitu Real Madrid yang akan menjalani Leg 2 minggu depan akan bertandang ke Atalanta, klub asal Italia.

Demi mengejar devisit gol kandang setidaknya 3 gol, para pemain Barca langsung menggebrak dan menekan pertahanan PSG , sehingga membuat para pemain PSG hanya didaerah pertahnannya sendiri, sampai 25 menit babak pertama nyaris tidak ada aliran bola pemain PSG ke daerah Barcelona.

Seperti biasa ciri khas permainan Tiki-taka diperagakan oleh Leonel Messi dan kawan-kawan, dan tercipta banya peluang namun kepiawaian Navas yang menjaga gawang PSG serta koordinasi para pemain belakang PSG mampu menetralisir serangan Barca, berkali-kali terobosan-terobosan mebahayakan gawang PSG selalu gagal mebuahkan Gol, bahkan D’Mbele tercatat memiliki 5 peluang tembakan kea rah gawang, sayangnya tembakanya masih terlalu lemah buat Navas.

Baru menit ke 26 PSG mampu keluar dari tekanan dan melakukan serangan balik dari sayap kiri , bola yang di bawa Mbappe, menusuk jantung pertahanan Barca, dan Mbappe melakukan tendangan menyusur tanah tapi bisa dikuasai penjaga gawang, namun ada kejadian lain di kotak Pinalti yang mana Mauro icardi yang lari diinjak dari belakang oleh Lenglet sehingga sepatunya terlepas, ini diketahui wasit, sehingga wasit Taylor menunjuk titik putih sebagai hukuman, san bintang Mbappe maju sebagai  algojo dan sukses menuntaskan tugasnya pada menit ke 30, dan merubah keadaan 1-0 untuk PSG.

Para pemain Barca tersengat , karena makin jauh ketinggalan , sontak saja terus melakukan serangan dan berselang 7 menit Leonel Messi melakukan tembakan spektakuler, dari luar kotak pinalti dan menusuk di sudut kanan atas gawang, Navas tidak mampu untuk menjangkau, sehingga kedudukan berubah menjadi 1-1.

Pada menit ke 45 Antoine Griezman dilanggar oleh Kurzawa, dan wasitpun menunjuk titik putih sebagai hukuman dan Kurzawa juga di ganjar kartu kuning , seperti yang dialami Lenglet.

Leonel Messi maju sebagai Algojo, sayanganya tembakanya mampu diantisipasi oleh Navas dengan sentuhan kaki kirinya bola terpental ke atas mengenai mistar gawang , bola muntah langsung dihalau oleh Verrati, yang sebenarnya Verati melakukan kesalahan saat bola akan ditendang Messi dia sudah masuk ke dalam kotak pinalti, metinya wasit dengan bantuan VAR mengulang pinlati, namun ternyata tidak.

Babak pertama berakhir seri 1-1 menadikan agregat 5-2 untuk keunggulan PSG, tercatat Barca menguasai jalanya pertandingan dengan Ball Possesion 67 : 33 %, dan melakukan tembakan kea rah gawang sebanyak 15 kali sedangkan PSG hanya 5 kali.


 

Memasuki babak ke 2 PSG mencoba berinisiatif melakukan serangan, namun semu bisa diintersep oleh para pemain Barca, dan kemudian kendali permainan lagi-lagi dipegang oleh Barca, sayangnya tidak ada lagi gol tambahan tercipta, sehingga Raksasa Barcelona gagal melaju ke babak 8 besar ini merupakan kegagalan pertama dalam sejarah sepak bola Barcelona, dan merupakan balas dendam PSG saat tersingkirkan Barcelona pada liga Champion 2016-2017.

Di pertandingan lain Liverpool mampu menambah kemenangan Agregat saat menjamu Liezpig dengan 2 golnya yang dicetak oleh bintang andalanya Muhammad salah dan Sadio Mane, sehingga menang agregat 4-0 dan berhak maju ke putaran 8 besar.

LIGA CHAMPION : BARCA OTOMATIS LOLOS KE 8 BESAR DENGAN SyARAT

Pada liga Champion kali ini Barca benar-benar di ujung tanduk,setelah kalah telak 1-4 di Leg 1  saat menjamu PSG, pada Leg  2 Barca akan bertandang ke PSG.

Pola permainan Barca speninggal  Pep Gardiola, memang mengalami banyak penurunan, lebih-lebih setelah pensionya sang Jendral Lapangan Puyol kemudian gelandang brilian Xavi Hernandes dan Iniesta.


 

Sebenarnya saat di latih Luis Enrique masih ada aroma Barca , sisa-sisa kekuatan punggawa Pep Gardiola masih ada, namun setelah ditinggalkan Luis Enrique mulai kacau balau, lebih-lebih setelah menjual beberapa pemainya, seperti Luis Suares jadi Messi tidak punya tandem lagi, meskipun saat ini di liga domestik berada di peringkat 2 klasemen sementara.

Dini hari nanti Barcelona akan bertandang ke PSG, otomatis akan melaju ke babak 8 besar dengan ketentuan sebagai berikut :

1.       Harus menang minimum 4-0

2.       Harus menang minimum 5-1

3.       Harus menang minimum 6-2

4.       Harus menang minimum 7-3

5.       Dst

Yaitu harus memiliki selisih goal kemenangan 4, sehingga akan unggul jumlah goal tandang, kalau hanya menang selisih 3 apalagi 2 apalagi 1, atau malah imang, maka tamatlah riwayat Barcelona di Liga Champion .

Mampukah Messi dkk melakukan Come back sbagaimana telah dilakukan tahaun-tahun sebelumnya ? walaupun pesimis, akan tetapi kemungkinan itu ada, karena bola adalah bulat, tinggal bagaiman sang pelatih Ronald Koemen bisa apa tidak untuk meracik strategi dan memompa semangat juang para punggawanya.

Acaranya pertandingan ini akan disiarkan langsung oleh SCTV pada pukul 3 dinihari nanti.

Sementara itu klub wakil dari Inggris  Liverpool akan menjamu wakil dari jerman LeipZig, dengan mengantongi kemenangan 2-0 saat tandang tentunya Liverpool tinggal bermain imbang atau apabila kalah maksium hanya 0-1, apabila samapi kemasukan lebih dari 1 maka akan menjadai tidak aman seperti yang dialami Juventus.

Namun Liverpool juga harus tetap waspada karena para pemain Jerman itu punya karakter, tidak akan menyerah sebelum peluit panjang berkhirnya pertandingan

 

JADWAL SEMIFINAL LIGA CHAMPION 2021 NYARIS BATAL

4 Tim telah mneyelesaikan perempat final untuk menuju babak semifinal Liga Champion Eropa 2021, yaitu : Manchester City, Paris Sainr G...