Thursday, 13 May 2021

TEKNOLOGI : CARA REKAYASA AYAM KAMPUNG MENJADI PETELUR.BISA MENGHASILKAN JUTAAN RUPIAH.

Selama ini ayam kampung secara umum telurnya sangat sedikit dan mengalami system periodik di mana dalam satu periode bertelur hanya 10-14 butir, kemudian setelah itu akan memasuki masa pengeraman dimana dibutuhkan waktu 21 hari , masa mengasuh ana-anaknya sekitar 2 bulan setelah penetasan, sehingga hal seperti ini kurang produktif padahal telur ayam kampung diketahui memiliki nilai gizi lebih tinggi di banding ayam ras ( Petelur ), diantaranya kandungan Karbohidrat, Protein maupun vitamin E nya, ini karena didukung faktor makanan, ayam kampung makananya dari alami, sedangkan untuk ayam petelur makanya dari konsentrat dan di atur, lebih lagi ayam kampung hidup bebas sehingga asupan oksigenya lebih banyak.


 

Kami punya metode bagaimana  ayam kampong agar bisa menghsailkan telur secara kontinyu sehingga sangat produktif dan bahkan ini berpotensi untuk menghasilkan uang jutaan rupiah per bulanya, metode ini bisa dikembangkan oleh para petani di kampung.

Kita ketahui telur ayam kampung masih banyak dicari, meski harganya lebih mahal dari pada telur ayam ras, karena tidak sedkit kaum lelaki percaya bahwa dengan mengonsumsi telur ( kuning telur ) ayam kampong bisa menambah stamina pria , teruma apabila di rebus setengah matang atau dicampur ramuan-ramuan seperti ginseng, madu dan jahe dan susu, maka dengan potensi seperti in perlu diadakan penanganan serius agar produksi telur ayam kampung mencukupi kebutuhan.

Dengan metode rekayasa seperti saya lakukan berikut di bawah, yaitu dengan mengubah ayam kampung bertelur terus menerus maka gazi masyarakat akan meningkat,.

Berikut adalah metodenya :

1.       Ayam betina yang sudah memasuki masa bertelur harus ada pasangan pejantan atau Jago

2.       Seteleah pembuahan maka ayam akan bertelur, siapkan sarang

3.       Ayam kampung akan bertelur setiap hari 1 butir

4.       Seteleh hari ke 10 dengan artian sudah bertelur 10 butir, ayama di mandikan dengan air biasa, sampai seluruh tubuh basah kuyup, dengan tujtuan untuk menurunkan suhu badan, karena pada akhir masa bertelur ayam akan menaikan suhu dengan cara mengurangi asupan makanan.

5.       Gosok-gosok menggunakan kedua telapak tangan pada bagian pinggang ayam ( akan kami buatkan video yoyu tube prkateknya ) ini bertujuan untuk merangsang birahi ayam agar mau dikawin sama pejantan, karena setelah berteleur 10 mendekati masa pengeraman ayam betina tidak punya gairah untuk di kawin dan pejantan juga tau diri , namun setelah betina dimandikan pejantan mulai bergairah lagi.

6.       Biarkan betina dan pejantan hidup liar di kebun, agar mendapat asupan makanan dari alam.

7.       Dengan car ini ayam akan berteleur terus namun setiap periode yaitu dengan kelipata 10 telur harus dilakukan seperti pada poin 4 dan 5.

Simak Video You tube saya ini untuk prakteknya :

Rekayasa Ayam Kampung jadi Petelur

  

Apabila kita memiliki ayam  betina 100 ekor maka kita bisa memproduksi telur 100 butir per hari diasumsi harga telur Rp 3000/ butir maka dalam satu bulan kita bisa menghasilkan Rp.9.000.000 , jadi ini sangat potensial untuk menambah pendapatan para petani.

 

 

LOWONGAN HES (Health, Environment, Safety) K3 MANAGER di HUTAHAEAN GROUP

Status is reachable Untung ...