Thursday, 9 July 2020

MACAM-MACAM FILTER TYPE DAN KEGUNAANYA


Apa yang ada di benak kita saat memabaca sebuah kata FILTER ? mungkin akan berfikir itu sebuah sariangan, yah.. betul sekali, namun ternyata Filter itu bermacam-macam jenis dan bentuk juga kegunaanya.

Filter adalah  penyaring yang tersusun oleh sebuah anyaman/ atau untaian membentuk ikatan  materi dengan jumlah lubang dengan ukuran satuan inchi yg disebut Mesh dan atau ukuran lubang dengan besaran Micron atau nano.

Sedang kegunaan dari Filter adalah untuk memisahkan dua komponen atau lebi suat materi sejenis maupun beda jenis dari segi ukuran partikelnya 
Berikut contoh Filter buatan :



Filter ada yang dari alam dan buatan, demikian juga proses filterisasi ada yang dengan alami dan tiruan,  adapun filter alam seperti tanah, batu, pasir, yang mana ini secara alami menyaring kotoran-kotoran yang terkandung di dalam air, Karena tanah terutama tanah liat mengandung Alum ( AlO2 ) itu bisa mengikat polutan dalam air demikian juag pasir seperti pasir silica pori-pori pada permukaan dinding pasir bisa menahan kotoran yang lewat terbawa air , sehingga menjadikan air jernih .

Dalam maklhuk hidupun Tuhan memasang filter udara yang diambil untuk bernafas melalui hidung, di dalam hidung terpasang bulu-bulu halus yang bisa menhana debu ddalam udara, sehingga udara yang masuk benar-benar bersih tidak menganggu pernafasan, namun  pencemar udar yang partikelnya sangatlah kecil berukuran nano, sepertinya kemampuan bulu hidung kurang sempurna dalam melakukan penyaringan.

Filter buatan banyak sekali diaplikasikan dikehidupan sehari-hari terutama dalam dunia Industri, otomotif , maupun perabotan rumah tangga.

Dalam dunia otomotif misalanya sepeda Motor, mobil maupun alat berat karena dalam proses pembakaran bahan bakar dalam mesin memerlukan udara lingkungan tentu saja udara yang ada disekitar tidaklah bersih , banyak sekali debu yang berpartikel kecil ikut berterbangan bersamanya maupun uap air, tentu saja kalau ini sampai masuk ke dalam mesin akan mengganggu proses pembakaran atau bahkan bisa saja mesin tidak bisa dinyalakan, maka dari itu perlu sekali dibersihkan dengan Filter

Dalam kehidupan rumah tangga misalanya pendingin ruang atau air Conditioner udara dari luar juga tidak bersih bahkan membawa bakteri merugikan maupun virus,  apabila sampai terhirup oleh manusia maka akan mengganggu kesehatan, maka dari itu pada AC dipasanglah Filter berupa serat fiber atau polimer dengan ukuran lobang sangat kecil dalam skala nano yang mana ini lebih kecil dari pada besaran bakteri, sehingga bakteri atau virus bisa tertahan , yang akhirnya mati.

Dalam dunia Industri banyak sekali penggunaan Filter, seperti Instrumen yang menggunakan udara, pendungin ruangan yang sangat luas menggunakan AHU, kemudian dalam dunia penjernihan air baik untuk air minum seperti PDAm maupun air limbah yang diolah agar tidak mencemari lingkungan,.

Adapun macam- macam filter buatan dan aplikasinya, misalnya dalam penjernihan air menggunakan back wash filter dari polymer Nilon yang diisi dengan pasir silica, dan karbon arang aktif, adalagi Cartridge Filter , Carbon Filter ,sedangkan dalam dunia peralatan medis seperti Biosafety cabinet atau Alminer air flom juga menggunakan filter khusus yaitu Hepa Filfer yang mana ini sangat special karena ukuran lobang filter sngatlah kecil dan benar-benar bisa membunuh bakteri sehingga bakteri tidak berkontaminasi dengan mikroba lain yang sedang dibiakan.

Dalam dunia Industri Polymer juga terdapat jenis filter khusus yang terbuat dari alloy Stainles dan platinum yang tahan suhu tinggi namanya Candle Filter, ini berfungsi untuk menyaring kotoran pada lelehan Polymer, namun tidak bisa bereaksi dengan polymer itu sendiri.



Memerlukan informasi lebih lanjut ? hubungi
 

Sunarta 
WA 082137320434
email : sun_elarta@yahoo.com

Ikuti terus website www.bagi-bagiilmusunarta.com






CARA BLOKIR PENIPUAN SMS BERHADIAH.

 Generasi four point zero ( 4.0 ) memang serba canggih, diiringi adanya aplikasi Android yang memudahkan segala aktifitas bisnis, dunia seol...