Maret 31, 2021

FURNITURE LABORATORIUM : TEKNIK DAN PRINSIP DASAR SCRUBBER PENETRAL UDARA BUANG

 FURNITURE LABORATORIUM : TEKNIK DAN PRINSIP DASAR SCRUBBER PENETRAL UDARA BUANG

Apakah anda peduli lingkungan ? apakah nyaman-nyaman saja apabila udara yang kita butuhkan untuk bernafas tercemar bahan berbahaya dan merusak kesehatan kita ? tentu saja tidak, kita semua ingin hidup dalam lingkungan yang sehat, dan salah satu factor penting dalam kehidupan ini adalh kebutuhan oksigen untuk bernafas, jadi oksigen yang kita hirup sehari-hari harus benar-benar bersih agar kita tidak terkena penyakit akibat pencemaran udara.

Guna menjaga kebersihan udara, setiap orang harus peduli, tidak boleh mencemari udara, maka dari itu pemerintah menciptakan undang-undang tentan lingkungan hidup, yang isinya antara lain :

Barangsiapa baik perorangan maupun sebuah badan saaat mengemisikan gas buang ke lingkungan harus melakukan penetralan terlebih dahulu, dan apabila melanggar maka akan dikenakan sanki hukum,berupa denda miliaran rupiah atau penjara.

Ini tujuanya untuk mengontrol udara kita agar tidak tercemar oleh polutan berbahaya, adapaun biasanya pencemaran udara dilakukan industri melakukan pengolahan bahan menggunakan proses pemanasan, atau Laboratorium-laboratorium baik sebuah lembaga pendidikan jurusan kimia  maupun Laboratorium sebuah Industri, karena dalam Laboratorium pada umumnya melakukan percobaan-percobaan maupun melakukan analisa bahan yang dilakukan didalam Almari asam, yang menimbulkan gas buang sisa reaksi, tentunya ini apabila tidak dinetralkan maka akan sangat berdampak buruk terhadap lingkungan.

Sebuah terobosan baru , sekarang ada teknologi sederhana untuk menetralkan gas buang yang dikeluarkan oleh cerobong asap baik dari sebuah proses industry maupunproses analisa dalam Laboratorium, yaitu diberi nama SCRUBBER.

berikut contoh unit Scrubber : 

 


 

Sebenarnya kata Scrub bermakna pembuangan, namun Scrubber disini  berfungsi untuk menetralkan gas buang, adapun prinsip kerja dan teknik dasarnya adalah :

Gas buang dari Almari asam ( Fume Hood ) yang bersifat asam ditangkap menggunakan bahan cair bersifat basa, sehingga terjadi proses penggaraman dan menjadikan senyawa dengan pH netral.( 7 ).

Dengan larutan hasil reaksi penggaraman yang netral maka akan aman saat dibuang ke lingkungan.

Susunan unit Scrubber :

Reservoir yang berisi larutan basa atau pH dikisara 8-9, dilengkapi pompa tahan kimia, pipa tahan kimia ( biasa berbahan PP ) , kotak ruang pengikat gas, yang berisi partikel untuk menahan laju gas agar tidak lolos saat dilakukan penjebakan ( pengikatan ) oleh larutan beralkali.

Cara kerja Scrubber :

Larutan alkali dipompa menuju kotak ruang pengikat gas, dengan cara di spray sehingga merupakan butiran-butiran cairan sangat halus, gas yang terjebak pada partikel diikat dengan cairan alkali tersebut, kemudian dialirkan ke Reservoir. Apabila larutan dalam reservoir sudah di bawah 7 maka larutan alkali harus di ganti baru.

Unit Scrubber untuk Almari asam dipasang di atas dan dihubungkan dengan cerobong pembuangan gas dari Almari asam, sedangkan untuk menetralkan gas buang dari proses ukuran Crubber yang besar, maka di letakan di lantai, tentu saja blower pendorong gas buang harus kuat, agar bisa masuk ke dalam Scrubber.

 Tonton juga Video ini: CARA MENDESAIN LABORATORIUM


 

Maret 30, 2021

Lowongan kerja ..lowongan kerja

 

Adityo Anggadita • 1st Bukan HRD & suka repost info LowKer..
3 days ago

Lowongan kerja

 

LUKMANUL HAKIM • 1st Quality Coordinator / Supervisor di Intertek
1 week ago

PT. LF Beauty Manufacturing Indonesia (Meiyume Indonesia) is looking for vacant position as below:

QC/ Laboratory Supervisor, with requirement:
- Minimum Bachelor degree in Chemistry/ Pharmacy
- Have the same experienced at least 1-2 years before
- Experienced in handling QC activity.- Have knowledge in instrument (operational & trouble shooting)
- Willing to be placed in Jl. Raya Bogor factory
- Able to join ASAP

Please send your current CV to: AdeEntyna@meiyume.com or dwiarthasolovky@meiyume.com (subject: QC Supe

Maret 27, 2021

CARA CARI UANG DI INTERNET dengan memanfaatkan teknologi kekinian.

Internet bukanlah hal asing di zaman milenium saat ini, bahkan sudah menjiwai seluruh penduduk dunia, istilahnya mngglobal, jaringan internet sudah masuk ke polsok-pelosok desa ,tak jarang dari anak balita sampai kakek –nenek yang sudah rentapun terlibat didalamnya.

Alat-alat pendukung teknologi penggunaan Internet, seperti Laptop, PC , dan terutama Hand Phone berbasis Android hampir dimiliki setiap orang, bahkan ada satu orang yang memiliki lebih dari 1 Hand Phone pintar tersebut,  Melalui fitur-fitur aplikasi yang sangat canggih pada Android, ini membuat lebih mudah dalam menjalani kehidupan bagi yang bisa memahami. dan bahkan bagi yang memiliki jiwa bisnis fasilitas ini bisa untuk mendulang pundi-pundi, namun sangat disayangkan berdasarkan pengamatan saya ternyata pengguna internet kebanyakan hanya digunakan untuk-hal-hal yang kurang bermanfaat bahkan hanya membuang-buang waktu percuma, misalnya hanya untuk bermain game, melakukan obrolan atau Chatingan yang kurang bermanfaat, mencari situs-situs negative, hanya demi kesenangan sesaat, akan  tetapi justru akan merugikan diri sendiri.

Mestinya kemajuan teknologi ini dimanfaatkan untuk hal yang positive yang menguntungkan, sehingga akan terasa manfaatnya bagi kehidupan, misalanya untuk mencari ilmu karena tidak sedikit orang-orang berpengetahuan atau orang pintar juga sering melakukan sharing ilmu di Internet, dan hal yang tidak kalah penting adalah untuk mencari pendapatan atau uang, karena tidak bisa dipungkiri bahwa hidup saat ini hampir selalu menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan.

Berikut beberapa cara mencari uang melalui Internet :

1.       Menjadi Blogger

2.       Menjadi Youtuber

3.       Jualan Online

4.       Reseller secara online

5.       Dll

B  Baca juga artikel ini :

APLIKASI YANG UNTUNG

Semua itu bisa dilakukan di dunia Medsos via Internet seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, Instagram, Twitter, LinkDn dll.

1.       Menjadi Blogger

Apa sih dan bagaimana menjadi Blogger ?

Salah satu contoh Blog yang sangat favorit adalah produk Google yaitu Blogspot, blog ini gratis, dan menunya juga sangat komplit, adapun apa yang harus kita lakuan dalam Blog ?

Kita membuat artikel apa saja yang bisa menarik pembaca, namun perlu diingat harus mengikuti kebijakan Google ( bisa di pelajari da nada panduan dari Google ), adapaun cara menjadi Blogger kita masuk ke www.blogger.com  kemudian melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri kita dan terutama menggunakan alamat email dari google yaitu gmail.com,.

Bagaimana mekanisme bisa mendapatkan uang dari Blog ?

Untuk mendapatkan uang dari Blog yaitu dengan Adsense, dimana inti dari Adsense ini adalah kita dibayar oleh Google dari Iklan yang tayang pada halaman artikel kita, adapaun perhitunagn dan mekanismenya bisa dipelajari pada panduan Adsense,.

Google melakukan kontrak kerja sama dengan pemasang iklan dengan nilai ertentu , kemudian dari hasil kerjasama tersebut dibayarkan ke kita dengan perhitungan tertentu.

Bagaimana agar blog kita banyak pengunjung ? kita harus rajin dan telaten dalam menulis, harus sering-sering upload artikel paling tidak 1 artikel dalam satu hari, temukan insirasi-insoirasi yang menarik, toh informasi kehidupanitu sangta banyak, tiada batas.

Berikut salah satu contoh blog saya

  www.bagi-bagiilmusunarta.blogspot.com dan saya kaitkan dengan Domain www.bagi-bagiilmusunarta.com

 


2.  

Menjadi Youtuber

Kita sudah tidak asing lagi mendengar Youtuber-Youtuber terkenal bahakan bisa menjadi kaya raya hanya dari menjadi Youtuber seperti Atta Halilintar, Baim Wong, Ria Ricis dll, bahkan sekarang artis-artis banyak yang beralih profesi menjadi Youtuber seperti Rafi Ahmad, tak ketinggalan pesulap Deddy Corbuzer juga menjadi Youtuber dll.

Apa dan bagaimana  sih menjadi Youtuber ?

Youtube adalah juga merupakan produk Google, yang mana ini menamilkan Video untuk penayanganya, jadi apabila kita memiliki video-video menarik akan lebih bermanfaat apabila kita Upload di Youtube, adapun konsep pendaftaranya hamper sama dengan Blog, hanya saja kalau di Yoube kita memiliki nama Chanel, untuk mendaftarnya kita masuk ke www.youtube.com kemudian mengisi data menggunakan alamat email produk Google yaitu gmail.com, dan kita membuat nama Chanel untuk penayangan Video-Video nantinya.

Konsep untuk mendapatkan uang dari Youtube hamper sama dengan Bogger, yaitu berdasarkan Adsense penayangan Iklan, namaun untuk persetujuan Adsense juga harus memenuhi syarat Google dan palng tidak sudah memiliki minimum 1000 Subscriber dan jam tayang 4000 jam dalam satu tahun terakhir, ini memang tidak mudah untuk menggapainya, semua butuh perjuangan ektra keras, lebih-lebih saat ini Youtube ada saingan Vtube, Tik-Tok, yang mana pengguna aplikasi ini juga menampilkan video-video untuk merebut pemirsa.

Berikut contoh Chanel : Serba Aneh dari Sunarta

 


 3.   Jualan Online

Ini sangat mudah, apabila kita puna produk tertentu yang sangat dibutuhkan di masyarakat kita bisa memposting di halaman Medsos,bahkan banyak sekali terbentuk Group-group jualan secara Online, kita bisa bergabung dan menawarkan barang-barang kita.

 

4.       Menjadi Reseller Online

Ini agak unik, apabila ternyata kita tidak punya produk , kemudian ada yang memiliki aplikasi jualan online dan menawarakan jasa reseller, menggunakan aplikasi kita bisa bergabung, dan kita memiliki Tok Online namun menggunakan halaman aplikasi mereka .

Berikut ini contohnya :

silahkan Klik : Toko Online Sunarta

 


5.

       Dan masih banyak lagi cara-cara mencari uang di Internet.

Namun dari kesemua yang tersedia kita juga harus kerja keras, tapi harus cerdas, karena semua butuh usaha maksimal dan doa.

 

PUTARAN PIALA DUNIA 2022 QATAR SUDAH MELOLOSKAN 7 TIM UNTUK MAJU KE BABAK 16 BESAR  

PUTARAN PIALA DUNIA 2022 QATAR SUDAH MELOLOSKAN 7 TIM UNTUK MAJU KE BABAK 16 BESAR   Dengan terselesainya babak akhir penyisihan group...