Wednesday, 11 March 2020

INCINERATOR PENGOLAH LIMBAH PADAT

Sebagaimana sudah kita ketahui setiap proses aktifitas kehidupan mesti menghasilkan limbah, seperti yang tersedia di kehidupan material yang ada tersedia dalam 3 jenis bentuk benda yaitu : Cair , Padat dan Gas , maka tak ayal pula bahwa limbah pun terbagi menjadi 3 kriteria tersebut yaitu : Cair , Pada dan Gas.

Semua limbah yang ada ,harus kita tangani dengan seriu demi kelangsungan hidup,dan tidak mengganggu lingkungan terutama limbah Industri dan Limbah Rumah sakit.

Contoh cara pengolahan limbah cair sudah kami posting di artikel sebelumnya, untuk kali ini akan saya bahas mengenai penangan limbah padat.

Kita ketahui bahwa di Rumah sakit ada limbah padat berupa botol-botol bekas reagen atau infus, kalau di indusatri bisa jadi limbah padat ada yan bisa didaur ulang alias recycle yang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk baru, sedangkan kalau di Rumah sakit botol -botl bekas reagen karena mengandung bahan kimia atau malah mengandung kuman berbahaya yang memiliki sifat infeksius, maa perlu dilakukan pemusnahan dngan benar, tentu saja dalam proses memusnakan tidak boleh hanya di kubur begitu saja akan tetapi harus di bakar.

Alat untuk membakar limbah padat tesbut adalah INCINERATOR, dimana ini merupakan sejenis tungku yang dengan volume besar, dan dilengkapi cerobong tinggi sesuai ketentuan dari dinas Lingkungan hidup minimum 24 m dari atas permukaan laut, namun apakah dengan cerobong yang tinggi asap yang dibuang sudah aman bagi lingkungan ? belum tentu, maka dari itu gas yang terbuang hasil pembakaran harus juga di netralkan.
 Berikut gambar Fabrikasi Incinerator :
 Secara garis besar Incinerator terdiri dari :
1. Ruang bakar ( Body )
2.Pembakar ( Burner )
3. Pendorong Gas bakar ( Blower )
4. Cerobong asap
Namun untuk menetralkan gas buang diperlukan asesoris berupa Scrubber yang fungsinya untuk menjebak gas ( asap ) agar bis dinetralkan.
Kontruksi untuk bodi bahan paling utama adalah plat besi atau Mild Steel dengan ketebalan 8-10 mm, sedangkan ruang bakar tersusun bata tahan api.
Pembakar ( Burner ) harus memiliki kemampuan membakar sampai pada suhu 1000 C
Cerobong juga terbuat dari plat besi atau mild steel dengan ketebalan 4 - 5 mm.
Scrubber berupa Liqud yang bisa menetralkan gas bakar ( asap sisa pembakaran )
Untuk Burner ada dua type yaitu dengan bahan bakar Gas dan Bahan bakar Solar .

Berikut ini adalah Portable pembakar limbah padat mini :

 

Apbila mengingikna keterangan lebih lanjut tentang Incinerator bisa hubungi :
Sunarta
WA 082137320434
email : sun_elarta@yahoo.com

No comments:

DI CHINA MENYEMBUHKAN COVID 19 HANYA DENGAN AIR PANAS

 BERITA INI MENERUSKAN INFORMASI YG TERRSEBAR DI WHATSAPP: Fakta, mengapa akhir2 ini di cina, jumlah orang yang terinfeksi virus Corona/Covi...