Juli 16, 2019

MENGENAL ALAT-ALAT DALAM LABORATORIUM BAGIAN I

PERLENGKAPAN DALAM LABORATORIUM

Perlu diketahui dan perlu diperkenalakan untuk para siswa didik baru pada sekolah-sekolah kejuruan seperti SMK kimia, Analis, atau farmasi, mengenai alat-alat yang digunakan dalam Laboratorium sebuah industri.
Tulisan ini saya maksudkan agar mereka memiliki bekal kemampuan untuk adaptasi dengan cepat agar tidak canggung setelah terjun di dunia kerja.
Kami beri gambaran, bahwa di Laboatoium sebuah  industri alat-alatnya dan perlengkapanya di bagi dalam 3 golongan yaitu :
1. Glass ware
2. Instruments
3. Safety apparatus

Penjelasan :
1. Glas ware adalah ala-alat laboratorium yang terbuat dari kaca sebagai dengan beberapa contoh berikut :
   1. Buret
       adalah alat berbentuk tabung berskala dengan ujung lancip yang dilengkapi kran buka tutup agar bisa untuk mengalirkan larutan dari atas, adapun banyak ukuran volume dari buret mulai dari 1 mililiter, 2 mili liter, 5 mili liter tetnu saja dengan skala pembagian yang sangat teliti,yang tergolong dalam micro buret, dan yang umum adalah dengan skala 25 mililiter dan 50 mililiter,dan buret digunakan untuk proses titrasi.

   2. Erlenmeyer
       Adalah alat glas berbentuk tirus dengan lebar bagian bawah dan mengerucut ke atas , dengan memiliki ukuran volume  mulut berbeda-beda dan ada yang memiliki mulut yang bisa dipasang kan dengan pendingin balik atau reflak, untuk yang dengan mulut biasa , digunakan untuk tempat menaruh larutan yang akan dilakukan titrasi, sedangkan yang memiliki mulut bisa di pasang pada refluk biasa di gunakan untuk proses  ektraksi bahan.

    3. Gelas beker atau gelas piala.
        Merupakan gelas berskala dengan ukuran volume barmacam-macam mulai dari 50 mililiter,100 mililiter 150 mililiter, 250 mililiter, 500 mililiter 1000 miliiter, bentuknya pendek, yang di bagian bibirnya ada tekukan kecil untuk mempermudah penuangan, dan fungsinya untuk menakar cairan yang akan dipindahkan

    4. Gelas Ukur
        Berbentuk silinder atau tabung yang meninggi, dengan dilengkapi alas berbentuk bundar, yang fungsinya untuk menahan saat berdiri, adapun ukuranya mulai dari 10 mililiter, 25 mililiter 50 mililiter, 100 mililiter, 250 mililiter, 500 mililiter dan 1000 mililiter.

     5. Pipit
        Adalah berbentuk pipa kaca  dengan diameter kecil, sedangkan pipet sendiri bermacam-macam jenis, misalnya pipet tetes ini berupa tabung yang kecil dengan volume 5 mililiter atau 10 mililiter, dengan ujung yang mengecil dan bagian belakang dipasanga bola karet lonjong kecil yangberfungsi untuk mengeluarkan cairan ( menekan ) agar keluar dari pipet.
        Pipet takar ( volume ) yaitu Pipa kaca dengan diameter kecil memanjang berskala mulai dari 2 mililiter,  5 mililiter , 10 mililiter, 25 mililiter, 50 mililiter, berskala, dan berfungsi untuk mengambil cairan dengan cara di sedot untuk volume tertentu.
        Pipet Gondok atau biasa disebut pipet takar, yaitu pipet dengan bulatan bentuk bola lonjong tanpa skala namun ada batas atas sebagai penunjuk volume, ada volume 2 mililiter, 5 mililiter 10 mililiter, 25 mililiter, ini juga biasa untuk mengambil cairan dengan jumlah tertentu.
       
Buka Juga artikel ini :  
 
BERLANJUT.....IKUTI TERUS
       

Tidak ada komentar:

POLYESTER,CARA MEMBUAT RUANG LABORATORIUM, KARUNGPLASTIK,MELT INDEX,OBAT JANTUNG,OBAT ASAM LAMBUNG