April 19, 2022

TIP , CARA AGAR PUASA TETAP KUAT DAN TIDAK LEMAS BISA AKTIVITAS BIASA

TIP ATAU CARA AGAR SAAT PUASA TIDAK LEMAS

Semua umat Muslim yang beriman pasti menjalankan ibadah puasa dalam bulan Ramadan, karena mengikuti perintah Alloh dalam Al Qur’an yang artinya :

Hai orang-orang yang beriman Aku ( Alloh ) wajibkan )  bagi kamu sekalian untuk berpuasa, sebagaimana telah Aku ( Alloh )wajibkan kepada orang-orang sebelum kamu sekalian… al Ayah…

Karena puasa Ramadan itu merupakan sebuah perintah wajib, maka  apabila ditinggalkan akan mendapat dosa,sedangkan apanila dikerjakan akan mendapat pahala, dan semua bentuk ibadah di buan suci Ramadan pahalanya sangat luar biasa, hanya Alloh yang memperhitungkanya.

Nah, puasa itu tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, akan tetapi harus bisa menahan hawa nafsu, selalu sabra, memperbanyak beribadah dan lain, lain, makanya tidak hanya makan dan minu yang bisa membatalkan puasa, namun tentang makan dan minum itu memang yang paling utama.

Tentu saja karena kita tidak boleh makan dan minum disiang hari ini [asti akan menyebabkan tubuh jadi lebih lemah, karena kita terbiasa makan dan minum di siang hari untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

BACA JUGA ARTIKEL INI : TIP MULUT TIDAK BAU SAAT BERPUASA

Nah untuk agar tidak lemas disiang hari berikut saya kasih tip yang biasa saya lakukan :

1.       Berbuka

Saat berbuka minum air teh manis  hangat cenderung panas disamping dengan gula ditambah madu murni 1 sendok teh atau lebih, makan 5 buah atau lebih kurma, makan makanan pokok secukupnya ( jangan berlebih ) dengan lauk pauk yang bergizi terutama sayur mayur, buah semangka ( karena banyak mengandung air ) dan hindari minum es.

 

2.       Setelah pulang solat tarawih selang 30 menit( atau kalau ada acara tadarusan bisa setelah tadarusan ) . makan lagi makanan berat ( makan pokok ) usahakan lauk daging. Minum air putih hangat.

 

3.       Sahur

Saat sahur waktunya diusahakan hampir mendekati imsyak, makan makanan pokok dengan lauk pauk Daging ( karena daging akan lama dicerna sehingga bisa menahan lapar ) juga sayur-mayur, Minum kopi susu campur madu, minum air putih hangat , jangan lupa buah terutama jeruk , 5 buah kurma, tamban  multivitamin yang mengandung  : Vit B1, Vit B6, Vit B12,Vit E, serta mineral Magnesium aspartate dan Kalium aspartate.

 

4.       Siang

Meskipun tidur adalah ibadah , namun jangan perbanyak tidur cukup memejamkan mata sekejap disaat benar-benar terasa kantuk,dan yang dimaksud tidur di bulan puasa adalah ibadah, karena sedang menjalankan ibadah, jadi tidur pun dihitung ibadah, akan tetapi seyogyanya gunakan waktu untuk membaca Al Qur'an karena pahala membaca Al Qur'an sangatlah besar, terutama dlam kondisi berpuasa Ramadhan.

Tidak ada komentar:

POLYESTER

INFO LOWONGAN POSISI ADMIN HR DAN HR STAFF

Miftakhul Adnan Auliyanto Miftakhul Adnan Auliyanto • 1st • 1s...

POLYESTER,CARA MEMBUAT RUANG LABORATORIUM, KARUNGPLASTIK,MELT INDEX,OBAT JANTUNG,OBAT ASAM LAMBUNG