Mei 20, 2023

KEJADIAN DAN PERISTIWA FINAL SEPAK BOLA SEA GAMES 2023

KEJADIAN DAN PERISTIWA FINAL SEPAK BOLA SEA GAMES 2023

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Final Sepak Bola Sea Games 2023 di Kamboja telah usai dengan hasil Indonesia mampu memperoleh medali Emas setelah menghancurkan tim kuat Thailand dengan skor cukup telak 5-2, dan gol untuk Indonesia di cetak oleh Muhammad Ramadhan Sananta pada menit ke 20.14 dan menit 45+4.20 , dan Irfan Jauhari pada menit  91 ( menit 1 saat babak perpanjangan ) disusul oleh Fajar Fathur ranchman pada menit 106.41 dan ditutup oleh Beckam Putra pada menit 119.50 sedangkan gol Thailand dicetak olrh Anan pada menit 64.21 dan oleh Yotsakorn pada menit 90 + 7.


 Gambar diambil dari IG PSSI

Adapun dari ringkasan pertandingan ada beberapa catatan yang tak pernah terlupakan :

1.       Marcelino Ferdinan melakukan tendangan percobaan ke mulut gawang sebanyak 6 kali semua bola melambung di atas mistar gawang.

2.       Pada menit 8.56 Taufany ditarik pemain belakang Thailand akan tetpai wasit tidak menganggap pelanggaran.

3.       Beberapa pemain Indonesia dilanggar tapi wasit tidak menganggap pelanggaran, akan tetapi apabila pemain Thailand jatuh langsung dianggap pelanggaran.

4.       Bagas Kaffa sampai ber d4r4h-d4r4h kena sikut pemain Thailand namun wasit tidak memberikan kartu untuk pemain Thailand.

5.       Wasit ‘NGEPRANK “ Indonesia dengan meniup peluit panjang pada menit 90+7 para pemaian dan official Indonesia sudah melakukan selebrasi kemenangan,namun ternyata tuipan untuk agar permainan dilanjutkan lagi ( bahkan ini menjadi bahasan media asing seperti Spanyol ) dan disinilah petaka bagi Indonesia karena harus terjadi gol balasan oleh Yotsakon, karena pemain Indoensia kehilangan focus, dan Yotsakon melakukan selebrasi provokatif ke Bench Official maupun pemain cadangan Indonesia, dan memancing keributan, untung bisa dilerai.

6.       Terjadi keributan lagi saat Thailand kemasukan pada menit 1 babak perpanjangan dan salah satu official Indonesia kena pukul sampai berd4r4h-d4r4h, sehingga wasit memberikan 2kartu merah untuk official Thailand dan 1 kartu merah untuk official Indonesia, 1 kartu merah untuk Komang Teguh dan 1 kartu merah untuk penjaga gawang Thailand, shingga penjaga gawang Thailand diganti dengan pemain cadangan sedangkan pemain nbelakang ditumbalkan yaitu nomro punggung 4 sehingga Thiland hanya bermain 9 pemain dan Indonesia 10 pemain.

7.       Total Wasit dari Oman yang memimpin pertandingan samapai mengeluarkan 16 kartu dimana 6 untuk kartu merah dan 10 untuk kartu kuning.

8.       Dengan kemenangan ini sangatlah istimewa karena 32 tahun Indonesia paceklik gelar di cabang Sepaka bola, dan ada-ada saja netizen yang mengotak-atik gol kemenangan 32 ditersemahkan 3+2 = 5 jadi 32 tahun bisa memasukan gol 5 ke Thailand.

9.       Setelah seluruh kontingan kembali dan tiba di Indonesia , disambut bagaikan pahlawan, diarak menggunakan bus terbuka mulai dari Bandara Soetta menuju Stadion GBK, nah dalam peristiwa ini ada atlet cabang lain yang memperolah medali Emas akan tetpi merasa tidak dihargai dalam penaymbutan seolah-olah sangat mengistimewakan para pemain Sepak Bola.

 Baca juga artikel ini :

TIMNAS U-22 MEREBUT MEDALI EMAS

Meskipun pengamat bola Vietnam menyebutkan bahwa Timnas Indonesia tidaklah istimewa dan masih kalah dengan Vietnam, namun realitanya Vietnam bisa bertekuk lutut 2-3 terhadap punggawa Garuda Muda yang hanya bermain 10 pemain, dan hal yang perlu diketahuia adalah kemenengan dalam sepak bola karena adanya selisih jumlah gol meskipun itu hanya 1 gol.

Hasil ini tentu saja sebagai pelecut untuk bangkitnya kemajuan sepak bola Indonesia, masih banyak even yang tingkatanya lebih tinggi lagi yaitu piala Asia dan piala Dunia

Tidak ada komentar:

POLYESTER