Thursday, 18 June 2020

CARA MEMILIH HEWAN QURBAN , KAMBING, SAPI, UNTA AGAR SEMPURNA UNTUK MENDAPATKAN PAHALA


Warga muslim memiliki dua hari yang sangat dinanti-nanti dan menjadikan sebuah kebahagiaan tersendiri dalam hidupnya, bagaimana tidak dri anak-anak sampai orang dewasa bahkan tua-tua,
Bahkan selalu diangan-angan tahun kedepanya, yaitu hari Raya Idul fitri dan hari raya Idul Adha.
Hari raya Idul Fitri memang sangat fenomenal, mungkin karena efek selepas berpusa selam satu bulan penuh, sehingga saat datangnya taggal 1 syawal seolah-olah telah menjelma menjadi orang yang bersih, maka hari raya ini dirayakan sangat meriah ,salaing kunjung bersilaturahmi ke sanak saudara, dan menikmati hidangan masakan khas Lebaran.

Hari raya lain yang kedua yaitu hari raya Idul Adha, yang mana dilaksanakan pada tanggal 10 Zulhijah, namun gaung memang tidak semeriah hari raya Idul Fitri, padahal justru hari Raya Idul Adha memiliki kandungan pahala yang justru lebih besar,  karena bagi yang tidak bisa melaksanakan ibadah Haji, bisa mendapatkan pahal yang hanya bisa dibandingi oleh seorang yang berngakat perang jhad fisabilillah, dengan semua hartanya untuk pembelaan dan pulang tinggal nama alias mati sahid, yaitu hanya dengan menyembelih hewan Qurban.
Adapun perintah menyembelih Hewan Qurban ada dalam Al Qur’an surat Al Kautsar.
1.Sesungguhnya Aku ( Alloh ) memberi engkau
   Muhammad telaga kautsar.
   2.Maka Solatlah engkau Muhammada dan 
      menyembelihlah.
   3.Sesungguhnya orang yang benci pada 
      menyembelih ( qurban ) maka dia termasuk
      orang yang putus dari kebaikan.
Dan ini diperkuat oleh Sabda Rosululloh : Barangsiapa yang ada keluasan ( Rezeqi ) namun tidak mau menyembelih ( Qurban ) maka jangan dekat-dekat dengan tempat solatku ( Nabi )
Adapun hewan yang bisa untuk berqurban adalah ,: Kambing, Sapi dan Unta.
Adapun syarat-syarat hewan yang boleh untuk berqurban kami jelasjkan setelah contoh gambar kambing berikut :

Berikut Syarat- syarat hewan Qurban :
Sesauai sabda Rosululloh : Janganlah kamu sekalian menyembelih hewan kecuali cukup tua kecuali sulit bagi kamu sekalian.
Adapun yang dikatakan sempurna umurnya atau  Tua adalah :
   1.Unta
   Umur 5 tahun lebih masuk ke umur 6 tahun
   2.Sapi
   Umur 2 tahun masuk ke umur 3 tahun
   3.Kambing
   Umur 1 tahun lebih masuk ke 2 tahun.
Sedangkan Rosululloh menyembelih Kambing yang sempurna gemuk, Putih belang campur hitam, yang sehat alias tidak sakit, bertanduk, tidak cacat sama sekali seperti, tidak pincang, telinganya tidak bolong ( robek ) lebih dari setengah, Tanduknya tidak patah, matanya tidak pece ( buta sebelah ).
Adapun waktu penyembelihan adalah setelah melaksanakan solat Idul Adha, karena apabila disembelih sebelum Sola tied, maka bukan termasuk berQurban hanya sebagai Sodaqoh biasa.
Dan perintah Alloh, dalam surat Al Haj, setelah binatang itu roboh ( sembelih ) maka makanlah dan bagilah kepada orang yang minta maupun tidak minta, dan sunahnya adalah kita hanya boleh makan sepertiga dari hasil sembelihan sedangkan yang dua per tiga dibagikan.

Persiapkan untuk ber Qurban niat karena Alloh, bukan karena ingin dipuji, bukan karena mengharapkan dagingnya, tapi kita hanya inginkan pahala dari Alloh, karena Alloh tidak menghendaki darah, daging maupun bulunya, akan tetapi ketqwaan kitalah yang dikehendaki Oleh Alloh, makanya disaat kita menyembelih Hewan Qurban, sebelum darah menetes ke bumi, namun pahala sudah kita dapatkan.

No comments:

MENYEMBUHKAN DARI SERANGAN COVID BERDASARKAN PENGALAMAN DR RUMAH SAKIT

  Nasihat di rumah sakit isolasi (bisa diterapkan di rumah) -obat yang diambil di rumah sakit isolasi  1. Vitamin C-1000  2. Vitamin E (E)  ...