Wednesday, 31 March 2021

TEKNIK DAN PRINSIP DASAR SCRUBBER

Apakah anda peduli lingkungan ? apakah nyaman-nyaman saja apabila udara yang kita butuhkan untuk bernafas tercemar bahan berbahaya dan merusak kesehatan kita ? tentu saja tidak, kita semua ingin hidup dalam lingkungan yang sehat, dan salah satu factor penting dalam kehidupan ini adalh kebutuhan oksigen untuk bernafas, jadi oksigen yang kita hirup sehari-hari harus benar-benar bersih agar kita tidak terkena penyakit akibat pencemaran udara.

Guna menjaga kebersihan udara, setiap orang harus peduli, tidak boleh mencemari udara, maka dari itu pemerintah menciptakan undang-undang tentan lingkungan hidup, yang isinya antara lain :

Barangsiapa baik perorangan maupun sebuah badan saaat mengemisikan gas buang ke lingkungan harus melakukan penetralan terlebih dahulu, dan apabila melanggar maka akan dikenakan sanki hukum,berupa denda miliaran rupiah atau penjara.

Ini tujuanya untuk mengontrol udara kita agar tidak tercemar oleh polutan berbahaya, adapaun biasanya pencemaran udara dilakukan industri melakukan pengolahan bahan menggunakan proses pemanasan, atau Laboratorium-laboratorium baik sebuah lembaga pendidikan jurusan kimia  maupun Laboratorium sebuah Industri, karena dalam Laboratorium pada umumnya melakukan percobaan-percobaan maupun melakukan analisa bahan yang dilakukan didalam Almari asam, yang menimbulkan gas buang sisa reaksi, tentunya ini apabila tidak dinetralkan maka akan sangat berdampak buruk terhadap lingkungan.

Sebuah terobosan baru , sekarang ada teknologi sederhana untuk menetralkan gas buang yang dikeluarkan oleh cerobong asap baik dari sebuah proses industry maupunproses analisa dalam Laboratorium, yaitu diberi nama SCRUBBER.

berikut contoh unit Scrubber : 


 

Sebenarnya kata Scrub bermakna pembuangan, namun Scrubber disini  berfungsi untuk menetralkan gas buang, adapun prinsip kerja dan teknik dasarnya adalah :

Gas buang dari Almari asam ( Fume Hood ) yang bersifat asam ditangkap menggunakan bahan cair bersifat basa, sehingga terjadi proses penggaraman dan menjadikan senyawa dengan pH netral.( 7 ).

Dengan larutan hasil reaksi penggaraman yang netral maka akan aman saat dibuang ke lingkungan.

Susunan unit Scrubber :

Reservoir yang berisi larutan basa atau pH dikisara 8-9, dilengkapi pompa tahan kimia, pipa tahan kimia ( biasa berbahan PP ) , kotak ruang pengikat gas, yang berisi partikel untuk menahan laju gas agar tidak lolos saat dilakukan penjebakan ( pengikatan ) oleh larutan beralkali.

Cara kerja Scrubber :

Larutan alkali dipompa menuju kotak ruang pengikat gas, dengan cara di spray sehingga merupakan butiran-butiran cairan sangat halus, gas yang terjebak pada partikel diikat dengan cairan alkali tersebut, kemudian dialirkan ke Reservoir. Apabila larutan dalam reservoir sudah di bawah 7 maka larutan alkali harus di ganti baru.

Unit Scrubber untuk Almari asam dipasang di atas dan dihubungkan dengan cerobong pembuangan gas dari Almari asam, sedangkan untuk menetralkan gas buang dari proses ukuran Crubber yang besar, maka di letakan di lantai, tentu saja blower pendorong gas buang harus kuat, agar bisa masuk ke dalam Scrubber.

 

JADWAL SEMIFINAL LIGA CHAMPION 2021 NYARIS BATAL

4 Tim telah mneyelesaikan perempat final untuk menuju babak semifinal Liga Champion Eropa 2021, yaitu : Manchester City, Paris Sainr G...