Tuesday, 19 January 2016

CARA MENGENAL TIMBANGAN, Analitical balance, semi micro, Digital balance

BERMACAM-MACAM TIMBANGAN UNTUK INDUSTRI MAUPUN DUNIA PENDIDIKAN DAN PEDAGANG KECIL

Timbangan merupakan alat ukur, sebenarnya menimbang adalah mengukur masa suatu benda, namun kebanyakan orang menimbang adalah mengukur berat suatu benda,sedangkan berat itu merupakan konversi dari masa terhadap pengaruh gravitasi, ada bermacam type ddan jenis timbangan, ada timbangan kasar, presisi, sampai analytic, contoh timbangan kasar adalah timbangan yang bisa untuk menimbang dengan berat di atas 5 kg, misalnya timbangan beras, timbanagn badan dll,untuk timbangan analitic ada yang masih manual maupun digital, namun untuk timbangan analitic manual sudah mulai ditinggalkan karena kurang praktis, tapi untuk sekolah-sekolah ada yang masih menggunakan dengan tujuan untuk memperkenalkan teknik dasar menimbang dan pengetahuan tentang sejarah menimbang, sedangkan timbangan analytic digital bisa dimulai dari 2 digit sampai 4 digit bahkan ada yang sangat teliti yaitu semi micro sampai 5 digit, tentunya semakin tinggi nilai digitnya semakin mahal pula harganya, dan ketelitianya juga semakin tinggi,untuk perkembangan teknologi Analitical balance atau timbangan analitic saat ini semakin pesat dan canggih, ada yang dilengkapi sensor untuk membuka dan menutup pintu juga pemrograman dan melaksanakan penimbanagn hanya dengan lambaian tangan sehingga bisa mengurangi tuching pada panel dan menjadikan Timabangan tidak cepat rusak.
 Hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa dalam industri pasti memerlukan yang namanya timbangan, baik dalam Laboratorium, proses produksi,mulai dari penyiapan bahan baku, hasil produksi, dalam finish good saat packing, dan bahkan saat keluarnya finish good untuk customer.
berikut beberpa contoh jenis-jenis timbangan :
dari timbangan yang ada diatas juga tersedia neraca untuk keperluan pendidikan pada sekolah-sekolah farmasi, juga untuk para pedagang kecil.
Adapaun semua jenis timbangan harus dilakukan kalibrasi, ada beberpa metode kalibrasi sesuai dengan buku petunjuk yang disertakan saat pembelian timbangan dan ada srtifikasi dari dina meteerologi dan geo fisika.
Untuk aplikasi peletakan timbangan harus memenuhi syarat-syarta tertentu misalnya kemiringan tempat menatuh timbangan maksimum 2 derajat, dan posisi harus level datar air, seangkan untuk timbangan analitik dengan kepekaan dn sensitiftas tinggi harus di atas meja yang dilengkapi perdam getaran.

Tonton juga video cara instalasi dan kalibrasi Analytical balance ini : https://youtu.be/VRBrEFoelgw
 
Apabila menginginkan informasi lebih jelas dan memerlukan berbagai jenis timbangan silahkan hubungi kami di 
WA : 082137320434
email : sun_elarta@yahoo.com
            sunartapriyayikeren@gmail.com

No comments:

MENYEMBUHKAN DARI SERANGAN COVID BERDASARKAN PENGALAMAN DR RUMAH SAKIT

  Nasihat di rumah sakit isolasi (bisa diterapkan di rumah) -obat yang diambil di rumah sakit isolasi  1. Vitamin C-1000  2. Vitamin E (E)  ...