Friday, 22 November 2019

SYSTEM MANAGEMEN MUTU DALAM LABORATORIUM INDUSTRI

Laboratorium adalah sesuatu yang sentral dalam dunia Industri, karena kualitas dari produk yang dihasilkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan konsumen harus benar-benar teruji, tentunya tidaklah sembarangan, untuk itu disamping Laboratorium harus memiliki kriteria secara fisik, juga harus memilki system managemen yang tepat dan kredibel.

Maka guna menunjang kredibilitas Laboratorium harus dibuat sebuah system dan biasa mengadop system mutu ISO ( Internasional Standart Organisation ), kita semua tahu bahwa konsep dasar ISO adalah : Tulis yang kamu kerjakan, dan kerjakan yang kamu tulis.

 Berikut adalah langkah - langkah membuat managemen mutu dalam Laboratorium
I. Buat Prosedur
   Prosedur adalah acuan referensi untu ]k Mnagemen level 1 ( Top Managemen ) guna menunjang pelaksanaan Visi dan mis perusahaan.
Dalam Prosedur ini menjelaskan tentang langkah-langkah dasar yang diambil untuk menangani kegiatan proses baik mulai dari kedatangan Raw material ( bahan ) baku samapi finsih good ( hasil akhir ) termasuk didalamnya adalah proses yang sedang berlangsung guna menjamin hasil akhir sesuai dengan standart yang ditentukan.
Kita beri gambaran, misal kita memproduksi benang syntetis Polyester , prosedur yang kita buat adalah :
1. Bagiamana penanganan Raw material, apa saja yang harus dilakukan misalnya dilakukan sampling, kemudian dilakukan pengujian ( analisa ), setelah dilakukan analisa dilakukan sertifikasi raw material tresebut layak untuk proses atau tidak.
2. Bagaimana penangan Proses produksi yang sedang berjalan, disini dibuatkan prosedur Proses control, apa saja parameter mesin yang diseting dan dilakukan pengontrolan secara intensif dan kontinyu, dan dilakukan segragasi produk apabila ada penyimpangan nilai parameter proses.
3. Bagaiman menangani hasil produksi, ini adalah sebuah hasil yang sudah bisa dijadikan uang, maka juga harus ditangani dengan benar, dilakukan pengujian-pengujian agar produk yang dihasilkan benar-benar memenuhi kebutuhan konsumen, untuk itu harus dilakukan segragasi berdasarkan kualitas masing-masing produk, agar bisa dikelompokan berdasarkan gradenya.

Untuk menunjang semua itu biasanya dibuatlah sebuah Quality Plan yang mana ini berissi ringkasan frekwensi testing dari masing-masing area, methode yang digunakan da instrumen / alat yang digunakan untuk melakukan pengujian, tentu saja semua alat harus terkalibrasi untuk menjamin alat benar-benar bekerja dengan benar.

Sedangkan untuk menunjang berjalanya Prosedur tersebut di atas, maka dibuatlah Instruksi kerja ( work Instruction ) dimana ini merupakan implementasi langkah-langkah kerja untuk melakukan sampling,cara analisa dan segragasi produk maupun pemantaun pareamter proses, dan semua harus terdokumentasi.

Hal yang tidak kalah penting Laboratorium harus benar-benar memenuhi standart sebagaimana dalm video ini : Pembuatan ruang Laboratorium yang benar silahkan di klik.
Apabila menginginkan pembuatan ruang Laboratorium, konsoltasi pembuatan System ISO dalam Laboratorium silahkan kontak kami :
Sunarta
WA : 082137320434
email : sun_elarta@yahoo.com
           sunartapriyayikeren@gmail.com

No comments:

DI CHINA MENYEMBUHKAN COVID 19 HANYA DENGAN AIR PANAS

 BERITA INI MENERUSKAN INFORMASI YG TERRSEBAR DI WHATSAPP: Fakta, mengapa akhir2 ini di cina, jumlah orang yang terinfeksi virus Corona/Covi...