Thursday, 30 April 2020

PROSES PEMBUATAN KARUNG PLASTIK ( PP WOVEN ) UNTUK BERAS ATUA GULA ATAU PUPUK

Beras, Tepung terigu, Gula pasir, dan pupuk, itu semua merupakan hal yang sering kita jumpai sehari-hari.

Untuk menghandling produk-produk tersebut di atas menggunakan karung plastik atau PP Woven bag, mengapa dikatakan pp Woven Bag ? yang karena karung plastik yang digunakan berdasar bahan baku dari Poly Propylene  atau disingkat PP.

Artikel ini saya susun berdasarkan pengalaman kerja saya saat menjadi kepala Produksi sebuah pabrik karung plastik yang berada di Jawa Tengah.

Adapun proses pembuatan karung plastik sebagai berikut :

Pertama-tama kita buat helaian film ( filamen ) benang plastik yang akan dirajut menjadi karung , mesin untuk membuat namanya Ektruder, mesin ini dilengkapi Screw yang berfungsi untuk mendorong lelehan biji plastik ke ujung keluaran ( die head ),  chamber ( heater ) yaitu ruang pemanas dan terdiri dari 7 blok, tujuanya dari 7 blok pemanas ini untuk mengatur sushu pelelehan dengan cara step bay step sehingga ikatan polymer plastik tidak rusak karena efek dari panas saat proses leleh,kemudian lelehan plimer dikeluarakn melalui Die head berupa lembaran lumer polymer, agar keras maka dilewatkan pada bak pendingin yang berisi air, kemudian polymer yang sudah mengeras ( Rebound ) dilewatkan pada pasanagn piasu yang diatur jarakanya sehingga memeblah polymer dengan lebar sesuai yang diinginkan, maka akan terbentuk Filamen, filamen- ini kemudai di winding ( digulung ) pada mesin Winder.
Hasil gulungan winder kemudia dipasang pada mesin rajut ( Loom ) dengan anyaman sesaui yang diinginkan.

berikut skemanya :
Adapun prosesnya adalah :
Biji PP dituangakan pada corong masukan, kemudian didororng oleh screw sambil dipanaskan dengan cara bertahab mulai dari dari suhu rendah, misal di Chamber 1 suhu 120 C, chamber 2 suhu 130 C, chamber 3 suhu 140 C, chamber 4 suhu 150 c, chamber 5 suhu  165 C , chamber 6 suhu 185 C Chamber 7 suhu 170 C dan die head suhu 160 C namun ini tidak mutlak tergantung nilai melt index nya, dan speeed dari Screw ini juga sangat tergantung pada nilai melt index, sedangkan denier diatur dari ketebalan dan lebar dari filamen.

Dari Filamen yang di hasilkan yang digulung menggunakan cone besi pada mesin winder, kemudain di rajut pada mesin Loom.
Pada proses perajutan Cone disusun pada rak, dan mesin diseting untuk jumlah anyaman, biasanya ada customer yang menghendaki anyaman 11x11 atau 10x10 atau 11x10 ini maksudnya bahwa dalam luasan 1 " bahan karung terdiri dari 11 lusi dan 11 pakan atau 10 lusi dan 10 pakan, ini nanti akan mempengaruhi kekutana dan berat karung.

Kemudian hasil anyaman digulung dalam boom dalam bentuk rol, , untuk membentuk karung tinggal di potong pada mesin Cuting n Sewing , lebar karung tergantung keinginan dan pembentukanya adalah berdasarkan diameter ring pada mesin Loom.

Karung kemudian diprinting sesui permintaan Customer pada mesin printing.

Ingin lebih lanjut mengenai kebutuhan karung plastik, silahkan hubungi :
Sunarta
WA : 082137320434
email : sun_elarta@yahoo.com


No comments:

MENYEMBUHKAN DARI SERANGAN COVID BERDASARKAN PENGALAMAN DR RUMAH SAKIT

  Nasihat di rumah sakit isolasi (bisa diterapkan di rumah) -obat yang diambil di rumah sakit isolasi  1. Vitamin C-1000  2. Vitamin E (E)  ...