Tuesday, 5 May 2020

CARA BIKIN KARUNG PLASTIK PP (POLY PROPILENE )MUDAH TERURAI

Sebelumnya sudah kami posting cara pembuatan karung plastik secara mendasar,sampai proses printingnya, untuk kali ini akan saya sajikan bagaimana agar karungplastik PP mudah terurai.

Berdasarkan tipenya karung plastik ada tiga jenis yaitu Bening ,  Dop dan warna yang membedakan ketiganya adalah berdasrkan campuran bahan baku pembuatnaya.

Karung bening berarti hanya menggunakan bahan baku murni atau kalau ada campuran sangatlah kecil hanya sekitar 0.5 %, sedangkankarung dop ( warna putih ) ini menggunakan campuran tambahan Calsium Oxide ( CaO ), sedangkan kalau yang berwarna diberi toner atau estofil dengan warna sesuai yang diinginkan dengan media pelet dengan karakter memiliki titik leleh lebih rendah dari dari PP.

Kita semua tahu bahwa plastik disamping ada manfaat ternyata limbahnya bisa bikin masalah terhadap lingkungan, karena struktur kimia dari plastik yang merupakan rangkaian ikatan kimia Hydrocarbon sangat sulit terurai, sehingga akan menimbulkan masalah terhadap lingkungan.
 Berikut contoh karung plastik Dop :
Untuk membuat jenis DOP itu PP diberi tambahan CaO, sekitar 5 %,- 10 %, dan ternyata ada CaO ini sangat memepengaruhi kekutan daripada karung, jadi apabila ingin meningkatkan daya hancur agar mudah terurai saat proses pembuatan film untuk karung diperlukan tambahan bahan alam , yang mana partikel tambahan tersebut akan mengambil tempat pada ikatan rantai polymernya sehingga akan mudah dipecah atau diurai.

Disamping menambahkan bahan tambahan alami, diperlukan tambahan PP recycle, karena hasil Recycle harga juga murah namun ikatan rantai kimianya sudah terdegradasi.

Apabila memerlukan informasi lebih lanjut mengenai karung plastik silahkan hubungi:
Sunarta
WA : 082137320434
email : sun_elarta@yahoo.com

No comments:

DI CHINA MENYEMBUHKAN COVID 19 HANYA DENGAN AIR PANAS

 BERITA INI MENERUSKAN INFORMASI YG TERRSEBAR DI WHATSAPP: Fakta, mengapa akhir2 ini di cina, jumlah orang yang terinfeksi virus Corona/Covi...