Mei 05, 2020

CARA BUAT KARUNG PLASTIK PP (POLY PROPILENE )MUDAH TERURAI SEHINGGA TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN

CARA BIKIN KARUNG PLASTIK PP (POLY PROPILENE )MUDAH TERURAI SEHINGGA TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN

Sebelumnya sudah kami posting cara pembuatan karung plastik secara mendasar,sampai proses printingnya, untuk kali ini akan saya sajikan bagaimana agar karung plastik PP mudah terurai.

Berdasarkan tipenya karung plastik ada tiga jenis yaitu Bening , Dop dan warna yang membedakan ketiganya adalah berdasarkan campuran bahan baku pembuatanya.


Karung bening berarti hanya menggunakan bahan baku murni atau kalau ada campuran sangatlah kecil hanya sekitar 0.5 %, sedangkankarung dop ( warna putih ) ini menggunakan campuran tambahan Calsium Oxide ( CaO ), sedangkan kalau yang berwarna diberi toner atau estofil dengan warna sesuai yang diinginkan dengan media pelet dengan karakter memiliki titik leleh lebih rendah dari dari PP.

BACA JUGA ARTIKEL : CARA PEMBUATAN KARUNG PLASTIK
Kita semua tahu bahwa plastik disamping ada manfaat ternyata limbahnya bisa bikin masalah terhadap lingkungan, karena struktur kimia dari plastik yang merupakan rangkaian ikatan kimia Hydrocarbon sangat sulit terurai, sehingga akan menimbulkan masalah terhadap lingkungan.

 Berikut contoh karung plastik Dop :

Untuk membuat jenis DOP itu PP diberi tambahan CaO, sekitar 5 %,- 10 %, dan ternyata ada CaO ini sangat mempengaruhi kekuatan daripada karung, jadi apabila ingin meningkatkan daya hancur agar mudah terurai saat proses pembuatan film untuk karung diperlukan tambahan bahan alam , yang mana partikel tambahan tersebut akan mengambil tempat pada ikatan rantai polymernya sehingga akan mudah dipecah atau diurai.

BACA JUGA ARTIKEL INI ( NUNUL AJA ) : CARA PRINTING KARUNG PLASTIK

Disamping menambahkan bahan tambahan alami, diperlukan tambahan PP recycle, karena hasil Recycle harga juga murah namun ikatan rantai kimianya sudah terdegradasi.

Dengan terdegradasinya struktur ikatan rantai polymer maka karung plastik tersebut akan mudah teruarai terlebih apabila terkena sinar matahari dan hujan secara terus menerus. 

Selanjutnya limbah plastik perlu kita tangani dengan serius dan bukalah artikel ini : CARA MENANGANI LIMBAH PLASTIK

Apabila memerlukan informasi lebih lanjut mengenai karung plastik silahkan hubungi:

Sunarta
WA : 082137320434
email :membagiilmuolehsunarta@gmail.com

Tidak ada komentar:

POLYESTER

INFO LOWONGAN DI PT.BAKRIE CONTRUCTION DAN PT.SAHABAT UTAMA TRACO

Miftakhul Adnan Auliyanto Miftakhul Adnan Auliyanto • 1st • 1s...

POLYESTER,CARA MEMBUAT RUANG LABORATORIUM, KARUNGPLASTIK,MELT INDEX,OBAT JANTUNG,OBAT ASAM LAMBUNG