Thursday, 7 May 2020

CARA MENANGANI LIMBAH PLASTIK

Dahulu dizaman saya kecil di kisaran tahun 70-80 an, apabila beli makanan, gorengan dll yang mengunakan bungkus , bungkusnya adalah dedaunan, seperti daun pisang, daun jati, kemudian ada terobosan teknologi dan terciptalah PLASTIK

Dengan munculnya plastik memang sangatlah menarik karena praktis, kuat, dan ringan, maka hampir setiap sendi penghidupan selalu melibatkan plastik.

Sebenarnya Plastik ini dibuat berdasarkan mereaksikan senyawa kimia dari napta-napta minyak bumi, dari itu dihasilkan bermacam-macam jenis Plastik diantaran Polyester ( PET ), Poly Propylene ( PP ), Poly Butylene ( PBT ), Poly Ethylene ( PE ) dll.

Kemasan botol minum menggunakan bahan Plastik memang bisa menambah estetika, lebih menarik, namun perlu disadari bahwa senyawa plastik sebanarnya apabila terkena efek panas maka akan mengeluarkan atau membebaskan Aldehyde yang merupakan senyawa bersifat karsinogen juga berbau.

berikut contoh-contoh plastik :
Namun akhir-akhir ini limbah plastik telah menimbulkan masalah terhadap lingkungan, karena sifat fisiknya yang sulit untuk diurai di tanah.


Nah,untuk mengatasi limbah plastik tersebut diantaranya adalah dilakukan daur ulang, karena sifat plastik yang memiliki sifat Thermoplastik, maka bisa dicetak ulang menjadi produk lain, dan mestinya digolongkan sesuai  jenisnya, Department perindustrian harus membuat kebijakan dan peraturan agar pabrik pengolah biji plastik untuk membuat produk harus menyertakan kode jenis plastik pada produknya misal bikin gelas minuman atau botol minuman , diberi kode PP atau PET atau PE dll, agar mudah dalam pengelompokan sampahnya, karena meskipun semua itu adalah plastik namun memiliki sifat fisik berbeda-beda, terutama dari nilai titik lelehnya.

Berikut beberpa kemungkinan untuk mengolah kembali atau mendaur ulang atau recycling dari bekas kemasan dari plastik :

1. Gelas plastik bahan PP bisa didaur ulang untuk campuran pembuatan karung plastik atau ember
2. Botol kemasan minuman air mineral dari PET, bisa diolah untuk pembuatan benang Synthetics
3. Botol bahan PBT bisa untuk campuran pembuatan ember
    DLL

Berikut diagram proses pengolahan sampah plastik menjadi bahan campuran produk lain :



Jadi setelah dipisahkan dan dikelompokan jenisnya, dan dibersihkan dari kotoran laian seperti label, dan lain-lain, sampah plastik dimasukan ke dalam mesin penghancur ( Crusher ), hasilnya berupa potongan kecil-kecil, kemudain dimasukan ke dalam Extruder yang dilengkapi Chamber/Hetaer ( biasanya 3 blok ) kemudian diatur suhunya pada diatas titik lelehnya, sambil dilelehkan, didorong menggunakan Screw menuju Die Head atau tempat keluaran lelehan polymer dengan lobang-lobang kecil diameter 1mm, Lelehan polymer yang keluar seperti lidi, kemudian dikeraskan dengan sistem pendinginan melalui air, setelah mengeras, dikirim ke Cuter sehingga terpotong kecil-kecil sebesar biji beras, hasil ini di lakukan pengepakan menggunakan karung plastik. 

Ingin lebih jauh tentang Karung plastik ?
Hubungi : 
Sunarta
email : sun-elarta@yahoo.com
             membagiilmuolehsunarta@gmail.com
WA : 082137320434

LOWONGANN DI PT.YUMMY FOOD

 MENERUSKAN INFORMASI LOWOWNGAN KERJA:  1. PT. YUMMY FOOD UTAMA - JAKARTA Urgently need position: "PRODUCTION SUPERVISOR" Qualific...