Saturday, 26 October 2019

ALMARI ASAM ALIAS FUME HOOD, JENIS DAN MACAM-MACAM

BERMACAM-MACAM TYPE ALMARI ASAM ATAU FUME HOOD

    Calon analis, yang masih menempuh dibangku sekolah menengah kejuruan jurusan kimia maupun perguruan tinggi, analis yang sedang / sudah bekerja baik di Industri, maupun lembaga-lambaga independent yang berkecimpung di bidang Laboratorium kimia, mesti tahu, paham, dan tidak asing apa itu Almari Asam atau dalam bahasa asing di sebut Fume Hood.

    Almari Asam adalah tempat dimana seorang analis melakukan proses reaksi yang menimbulkan gas/ asap ataupun memerlukan suhu tinggi, sehingga gas berbahaya atau beracun bisa di buang ke luar ruangan sehingga tidak menyebabkan bahaya bagi Analis atau Laboran, untuk itu mestinya Almari Asam dilengkapi Exhoust fan atau bower pembuang gas yang cukup kuat.

     Almari Asam terbagi menjadi 3 bagian, ruang bawah meja yang berguna untuk menyimpan bahan-bahan kimia, ruang kerja yang dilengkapi meja kerja dimana meja kerja kalau zaman dahulu hanya dilapisi keramik namun seiring dengan kemajuan teknologi, meja kerja sekarang dilapisi Phenolic resin , yaitu sebuah bahan polymer resin yang tahan bahan kimia maupun suhu tinggi, pada ruang kerja ini dilengkapi kaca anti pecah ( tempered Glass ) yang bisa di slidingkan naik dan turun,bagian atas merupakan ducting yang dilengkapi Blower jenis keong dengan kemampuan sedot tinggi untuk membuang gas ke luar ruangan serta dilengkapi pipa PVC 6 "

TYPE DAN JENIS ALMARI ASAM :
   Mengenai type dan jenis Almari asam dibedakan dari :
1. Ukuran
2. Bahan

Untuk ukuran Almari asam bermacam-macam diantaranya :
100 x 60 x 200 Cm yang mana 100 adalah 100 cm lebar, 60 adalah 60 cm ke dalam, dan 200 adalah 200 cm ketinggian dan ini biasa di beri kode Type FH 100.

120 x 80 x240 ( 1200 x 800 x 2400 mm ) yang mana 120 adalah lebar nya 120 cm, 80 adalah 80 cm kedalman, dan 240 adalah 240 cm ketinggian, dan di beri kode FH 120

150 x 80 x 240  biasa di beri kode type FH 150 demikian juga untuk Type FH 180

Sedangakan berdasarakn dari bahan di bedakan antara lain :
1. Wooden
2. Metal
3. Polymer

Untuk Wooden biasanya Frame  dibuat dari bahan Massif wood coated Epoxy dan pintu laci terbuat Multiplek / Playwood berlapiskan HPL sedangkan ruang asam dibuat lapisan resin tahan kimia.

Untuk bahan Metal, kerangka bodi di buat dari Mild Steel , lapisan Bodi terbuat dari Stainless steel ruang asam dilapisi Resin tahan kimia.

Untuk jenis Polymer, full body terbuat dari Poly propelyne , karena bahan ini benar-benar tahan bahan kimia.

Kadang almari asam dilengkapi dengan asesoris seperti kran air, kran gas, Zink ini apabila diperlukan saat proses reaksi memerlukan gas, air .

Berikut adalah gambar contoh-contoh Almari asam :



 Apabila memerlukan Alamari Asam bisa kontak :
WA : 082137320434
Hp ; 081329036646
email : sun_elarta@yahoo.com
            membagiilmuolehsunarta@gmail.com
CV.Putra Pertiwi bangkit








   

CARA BLOKIR PENIPUAN SMS BERHADIAH.

 Generasi four point zero ( 4.0 ) memang serba canggih, diiringi adanya aplikasi Android yang memudahkan segala aktifitas bisnis, dunia seol...